Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sudah 80 Hektare Lahan di Kotawaringin Timur Terbakar

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 Juli 2019 - 22:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejak penetapan status siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ini, sudah ada 80 hektare lahan yang terbakar.

"Kalau sejak ditetapkan status siaga hingga dua pekan ini, ada 80 hektare lahan yang terbakar," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Yephi Hartady, Kamis, 18 Juli 2019. 

Kebakaran lahan tersebut banyak terjadi di luar kota, didominasi di Desa Bagendang, Kecamatan Mentaya Hilir Utara. Di sana total lahan terbakar mencapai 70 hektare.

"Lahan yang terbakar didominasi di wilayah Desa Bagendang, karena hampir 80% dari total keseluruhan lahan yang terbakar di Kotim untuk saat ini," kata Yephi. 

Ada beberapa daerah rawan karhutla dan sering terpantau hostpot. Seperti, Kecamatan Teluk Sampit, Mentaya Hilir Utara, Pulau Hanaut, dan Mentaya Hilir Selatan. Sedangkan di dalam kota yakni Jalan Bumi Raya, Water Hugo, dan Desa Eka Bahurui. 

"Di daerah tersebut memang masih banyak lahan gambut, sehingga sangat rawan terjadi kebakaran lahan," terang Yephi. 

Satgas Penanggulangan Karhutla Kotim saat ini terus siaga. Tim juga selalu patroli di tempat-tempat rawan, dan segera melakukan pemadaman jika terjadi kebakaran lahan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru