Dinas Kesehatan Palangka Raya Siapkan Rumah Singgah Oksigen

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 05 Agustus 2019 - 12:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya berencana menyiapkan rumah singgah beroksigenasi untuk masyarakat.

Rumah singgah ini digunakan untuk memfasilitasi masyarakat jika nantinya kondisi udara di Kota Palangka Raya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan.

“Kalau nanti misalkan asap semakin masif dan terjadi kenaikkan status dari karhutla, kami sudah siap. Kami menyiapkan rumah singgah,” ucap Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo, Senin, 5 Agustus 2019.

Ia mengatakan, rumah singgah akan disiapkan di setiap puskesmas dengan fasilitas oksigenasi yang cukup lengkap. Namun, ruangan ini baru di buka jika memang nantinya ada peningkatan status kabut asap.

Menurut dia, saat ni kondisi kabut asap belum memberikan dampak signifikan terhadap kesehatan masyarakat.

“Jika dilihat dari kasus ISPA yang fluktuatif dan cenderung naik dan turun membuktikan masih belum adanya pengaruh signifikan dari kabut asap,” ucap dia.

Ia menilai, minimnya pengaruh ini bisa juga karena perilaku masyarakat yang sudah sadar akan pentingnya menjaga diri di tengah situasi kabut asap. (HERMAWAN DP/B-3)

Berita Terbaru