Kemenag Kapuas Gelar Bimtek Peningkatan Pelayanan KUA Berbasis IT

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 06 Agustus 2019 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Kementerian Agama atau Kemenag Kapuas melalui Bimas Islam menyelenggarakan Bimbingan Teknis Peningkatan Pelayanan KUA Berbasis IT untuk seluruh KUA kecamatan se-Kabupaten Kapuas Tahun 2019.

Kegiatan yang bertempat di Aula Kemenag setempat pada Selasa, 6 Agustus 2019 dibuka oleh Kepala Kemenag Kapuas Ahmad Bahruni dihadiri seluruh kepala KUA se-kecamatan.

Ahmad Bahruni menyampaikan, kegiatan telah diagendakan dan dianggarkan oleh APBN/PNBP guna meningkatkan SDM KUA Kecamatan se-Kabupaten Kapuas. 

“Bimtek ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada aparatur KUA dalam meningkatkan kecakapan, keahlian dan keterampilan mereka terutama yang berhubungan dengan standar pelayanan publik berbasis IT,” ucap Ahmad Bahruni seusai kegiatan.

Lebih lanjut, dia menyampaikan kegiatan itu bertujuan untuk pelaksanaan dan peningkatan pelayanan sesuai dengan standar.

"Kita harus memenuhi SDM serta sarana dan prasarana, walaupun banyak KUA kita ini adalah pemain tunggal tapi itulah tuntutan kita sebagai pelayan masyarakat harus maksimal dalam melayani,” pintanya.

Sementara itu, Kepala KUA Kecamatan Pulau Petak Fahrurrazi selaku peserta mengatakan, KUA sebagai salah satu garda terdepan Kementerian Agama mulai saat ini harus berbenah diri mulai dari struktur dan infrastruktur, tenaga teknis, jaringan internet dan lainnya untuk memenuhi standarisasi pelayanan publik di KUA.

Mengikuti kegiatan tersebut Fahrurrazi berharap, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari dapat memberikan dampak yang positif dan pencerahan bagi kepala KUA sehingga KUA dapat bersinergi dengan Bimas Islam dalam menciptakan SDM yang berkualitas. 

“Semogga kegiatan ini dapat memberikan peningkatan pelayanan di KUA yang berbasis IT kepada masyarakat sehingga memudahkan kinerja KUA secara efektif dan efisien,” ujarnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru