Kepala Dinas Pertanian Kapuas Harapkan Kelompok Tani Sari Mulya Mampu Berswadaya

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 09 Agustus 2019 - 14:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Anjono Bhakti, mengharapkan kelompok tani Sari Mulya, Desa Tamban Lupak yang telah dilakukan cluster padi itu mampu berswadaya, dan meningkatkan produksi beras.

"Dinas Pertanian Kapuas sudah membantu menfasilitasi bantuan selama 3 tahun terakhir," kata Anjono Bhakti, Jumat, 9 Agustus 2019.

Adapun bantuan Dinas Pertanian Kapuas dalam kegiatan cluster itu seperti memfasilitasi bantuan berupa alsintan pertanian, sarana produksi, olah tanah, alat pasca panen dan RMU, serta kemasan beras.

Dia mengatakan, pihaknya pun masih akan tetap membantu petani cluster padi. Salah satunya, hasil panen atau beras spesifik lokasi tersebut akan dipasarkan ke ASN Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas.

"Juga akan ditawarkan ke ASN di SOPD lingkup Pemkab Kapuas serta masyarakat umum, sehingga bisa berkembang lagi dan dikenal luas," katanya.

Selain itu, dia menjelaskan untuk mengembangkan agribisnis perberasan tahun anggaran 2019 ini, akan dilaksanakan kegiatan serupa yaitu cluster padi di Kelompok Tanu Maju Bersama, Desa Warnasari, Kecamatan Tamban Catur dengan luas 20 hektare.

"Kami akan terus berupaya kembangkan padi cluster untuk mengembangkan agribisnis perberasan di Kapuas," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru