Pemkab Sukamara Bisa Lebih Maksimal Tanggulangi Bencana Kebakaran Jika Ada BPBD

  • Oleh Norhasanah
  • 16 Agustus 2019 - 18:42 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sekretaris Daerah (Sekda) Sukamara, Sutrisno mengatakan, kehadidaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bisa memaksimalkan penanggulangan bencana, seperti kebakaran hutan dan lahan.

"Dengan adanya BPBD itu, penanganan kebakaran akan lebih fokus. Kita juga bisa memperoleh suplemen anggaran dari pemerintah pusat," kata Sutrisno, Jumat, 16 Agustus 2019.

"Kalau hanya ditangani Satpol PP, dan satgas-satgas mau mengsulkan anggaran juga berat. Apalagi mau menyedot anggaran dari pusat," terangnya.

Sutrisno melanjutkan, meskipun tahun ini BPBD Sukamara telah terbentuk, hanya saja untuk anggaran pelaksanaan kegiatan baru bisa direalisasi pada 2020 mendatang.

"Untuk anggarannya nanti akan kita masukkan di tahun 2020 pada bulan Januari. Karena di perubahan tahun ini, anggaran kita terbatas," kata Sutrisno.

Sementara itu, Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi menuturkan, daerah ini Sukamara sangat memerlukan BPBD. Hal itu sebagai upaya memaksimalkan penanganan apabila terjadinya bencana. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru