Sebelum Hajatan, Warga Disarankan Lapor ke Puskesmas Terdekat untuk Cek Makanan 

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Agustus 2019 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Adanya kasus keracunan massal yang terjadi di Kabupaten Kapuas beberapa waktu terakhir kembali menjadi perhatian Dinas Kesehatan setempat.

Terkait itu, Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Apendi kembali menyarankan, warga yang akan melaksanakan sebuah hajatan bisa melaporkan ke puskesmas terdekat agar bahan makanan atau yang akan dikonsumsi masyarakat bisa dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

"Ini sudah disampaikan sebelumnya, kami sarankan apabila masyarakat ingin mengadakan acara yang mengundang orang banyak, makan terlebih dahulu memberi tahu pihak puskesmas," ucap Apendi, Rabu, 21 Agustus 2019.

Sehingga, nanti pihak puskesmas akan melakukan pengecekan keamanan makanan yang akan dikonsumsi guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti keracunan massal.

"Namun yang susah adalah mengubah kebiasaan maupun pola masyarakat. Kita sudah membuat edaran yang minta masyarakat berkoordinasi dengan kita terkait penanganan penyajian makanan ini, tetapi jika tanpa partisipasi masyarakat melaporkan ke kita maka juga tidak akan jalan," ucapnya.

Untuk itulah, dia berpesan kepada masyarakat agar memperhatikan sejumlah hal dalam penyajian makanan yaitu di antaranya terkait kualitas bahan baku makanan, terapkan perilaku hidup bersih, perhatikan lokasi jarak tempuh penyajian.

"Hal ini karena dikhawatirkan ada kontaminasi udara saat makanan dibawa serta lamanya jarak waktu makanan yang sudah dibuat untuk dikonsumsi," tuturnya.

Menurut dia, idealnya 4 jam setelah makanan dibuat harus sudah dikonsumsi. "Jangka waktu bisa lebih lama namun harus dipanaskan terlebih dahulu," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru