Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotawaringin Timur: Peternak Lokal Harus Didukung agar Tidak Tergantung Pasokan dari Luar

  • Oleh Naco
  • 30 Agustus 2019 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota  DPRD Kotawaringin Timur, Abdul Kadir mendorong untuk mendukung produksi peternakan lokal sehingga bisa menghentikan ketergantungan pasokan sapi dari luar daerah. 

Menurutnya potensi peternakan di daerah ini sangat besar sehingga harus mendapatkan dukungan penuh dari Pemkab Kotawaringin Timur.

"Kami tekankan juga tidak hanya mendukung peternak lokal, pemerintah daerah juga harus mendorong perkebunan besar swasta kelapa sawit untuk ikut mengembangkan peternakan sapi mengingat pakan ternak sangat melimpah di areal perkebunan," ucap dia, Jumat, 30 Agustus 2019.

Dengan demikian ia minta pemerintah menjadikan masalah ini salah satu program prioritas karena erat kaitannya dengan upaya menjaga ketahanan pangan. 

"Kotim harus mampu memenuhi kebutuhan daging sapi dari daerah sendiri. Dari itu pemenuhan kebutuhan daging sapi juga harus menjadi perhatian kita," tegasnya.

Pemkab harus meningkatkan peternakan lokal sehingga tidak perlu lagi sapi impor atau pasokan sapi dari daerah lain, berbagai cara harus dilakukan untuk meningkatkan produksi sapi oleh peternak lokal. 

Seperti diketahui kebutuhan daging sapi di Kotim pada hari-hari biasa antara 6-7 ekor. Sedangkan pada hari-hari besar keagamaan, kebutuhan meningkat menjadi 12-15 ekor.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut saat ini Kotim harus mendatangkan dari daerah lain seperti Sulawesi, Madura, Bali, Nusatenggara Barat dan Kalimantan Timur hingga ke ke kabupaten di Kalteng. (NACO/B-6)

Berita Terbaru