Gubernur Kalteng Buka Rakerda Dekranasda

  • Oleh Budi Yulianto
  • 31 Agustus 2019 - 20:44 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Yuel Tanggara membuka rapat kerja daerah atau Rakerda Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda Kalteng di salah satu hotel di Palangka Raya, Sabtu, 31 Agustus 2019. 

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah provinsi dan lainnya tidak terkecuali Ketua Dekranasda Kalimantan Tengah, Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran. 

Sementara itu, Yuel yang membacakan sambutan gubernur mengatakan menyambut baik dengan digelarnya Rakerda tersebut mengingat bertujuan untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan proses pembinaan dalam peningkatan produk kerajinan. 

"Khususnya, batik khas Kalteng atau yang biasa kita sebut benang bintik dan kerajinan anyaman rotan sehingga diharapkan menjadi produk primadona dan menjadi nilai tambah dalam rangka mendorong ekonomi di Kalteng," ucap gubernur. 

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, lanjut gubernur, kegiatan itu menjadi hal yang sangat penting dalam menyokong dan mendorong pelaku usaha kerajinan serta meningkatnya daya saing produk unggulan daerah. 

Dalam kesempatan itu, juga diingatkan bahwa Provinsi Kalteng memiliki wilayah terluas kedua di Indonesia setelah Papua atau memiliki luas sekitar satu kali setengah pulau Jawa. 

"Wilayah yang sedimikian luas tersebut patut kita syukuri karena potensi sumber daya alam yang begitu besar mulai dari potensi kawasan perairan, potensi di bawah permukaan hingga potensi sumber daya di atas permukaan bumi ini," ungkapnya. 

Gubernur juga mengingatkan agar pengurus Dekranasda se Kalteng bisa bekerja maksimal dalam membina dan mengembangkan industri kerajinan sehingga Kalteng berkah bisa terwujud. (BUDI YULIANTO/B-5/ADV)

Berita Terbaru