Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotawaringin Barat Berikan Dukungan untuk Peningkatan Kompetensi Pendidikan Bidan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 03 September 2019 - 16:22 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah memberikan dukungan untuk peningkatan pendidikan bidan, karena saat ini sekitar 85 persen dari 530 bidan yang tergabung dalam Ikatan Bidan Indonesia (IBI) masih memiliki kualifikasi pendidikan Diploma 3 atau D3.

Padahal sesuai Uundang-Undanh tentang Kebidanan yang baru, profesi bidan harus memiliki pendidikan strata 1 serta kualifikasi profesi yang berstandar kompetensi.

Dukungan bupati ini disampaikan saat menghadiri acara peringatan HUT ke 68 IBI, Selasa, 3 September 2019.

Pihaknya berjanji akan memberi dukungan kepada para bidan agar mereka bisa memenuhi kualifikasi pendidikan tersebut.

"Akan kita bicarakan terlebih dulu dengan dinas kesehatan, lantaran keterbatasan anggaran yang ada. Semoga nantinya dalam peningkatan kualifikasi bidan bisa dimasukkan dalam pembahasan anggaran pada tahun berikutnya," jelasnyai.

Jika niat bupati tersebut bisa terealisasikan, tentu akan dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan anggaran pemerintah daerah.

"Kepada IBI selaku organisasi profesi bidan, Pemkab juga berharap agar mereka turut memberikan dukungan untuk penanggulangan masalah stunting," jelasnya. Penanggulangan stunting ini merupakan program bersama secara nasional.

"Lantaran stunting tentunya bisa menghambat proses pertumbuhan serta kecerdasan anak. Hal ini sesuai tugas dan fungsi bidan yaitu memberikan pelayanan bagi masyarakat mulai dari ibu hamil, melahirkan hingga anak tersebut tumbuh sebagai balita," tandasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru