BKSDA Kalimantan Tengah Selamatkan Orangutan Seberat 90 Kilogram di Kotawaringin Timur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 September 2019 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - BKSDA Kalimantan Tengah menyelmatkan seekor orangutan yang beratnya mencapai 90 kilogram, di Desa Bagendang Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawawringin Timur.

"Beratnya mencapai 90 kilogram dan berjenis kelamin jantan," kata Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Rabu, 4 September 2019. 

Penyelamatan orangutan tersebut dilakukan, karena di sekitar lokasi terjadi kebakaran lahan dan alih fungsi hutan menjadi kebun. Imbasnya, satwa dilindungi tersebut masuk ke permukiman warga untuk mencari tempat aman. 

"Penyelamatan tersebut dinamakan translokasi. Itu harus dilakukan untuk memindahkan satwa dilindungi tersebut ke tempat lebih aman," kata Muriansyah. 

Penyelamatan tersebut dilakukan bermula ketika BKSDA mendapatkan laporan ada orangutan di kebun sawit milik warga. Sehingga pihak tim WRU SKW II BKSDA Kalteng OF UK langsung melakukan ri dak lanjut ke lokasi. 

Saat itu mereka tiba di lokasi pada 29 Agustus 2019 sekitar pukul 23.00 WIB. Dan langsung berupaya melakukan evakuasi. Namun evakuasi yang dilakukan tidaklah mudah. Karena membutuhkan waktu hingga 2 jam, baru berhasil di evakuasi. 

"Evakuasi sendiri dilakukan selama 2 jam, setelah dilumpuhkan dengan tembakan bius," kata Muriansyah.

Setelah berhasil dievakuasi, orangutan tersebut diberikan pemeriksaan kesehatan. Dan dibawa ke kantor SKW II BKSDA Kalteng di Pangkalan Bun. Orangutan kemudian ditranslokasi ke Suaka Margasatwa Lamandau. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru