Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Diare dan ISPA di Musim Kemarau

  • Oleh Reno
  • 06 September 2019 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan, Mahdiniansyah meminta masyarakat untuk waspada terhadap penyakit diare dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA di musim kemarau ini.

"Karena sekarang kita sudah masuk musim kemarau, dan kebakaran lahan terjadi di mana-mana, termasuk daerah kita di Seruyan," ata Mahdiniansyah, Jumat, 6 September 2019.

Karena, sebagian wilayah Kabupaten Seruyan yang berbatasan langsung dengan daerah Kabupaten Kotawaringin Timur berpotensi terdampak, seperti daerah Kecamatan Danau Sembuluh maupun Seruyan Raya.

"Terkait kemarau juga, kita harus lebih waspada terhadap segala kemungkinan penyakit dapat terjadi, termasuk diare dan ISPA ini," jelas Mahdiniasnyah.

Mahidiansyah menyebutkan, ISPA merupakan infeksi akut yang menyerang satu komponen saluran pernapasan bagian atas. Bagian saluran pernapasan atas yang terkena bisa meliputi hidung, sinus, faring, dan laring.

Bagian sistem pernapasan tersebut akan mengarahkan udara yang terhirup dari luar ke trakea, dan akhirnya ke paru-paru di mana respirasi berlangsung.

"Kita minta masyarakat tetap waspada terhadap penyakit diare dan ISPA. Terutama untuk diare karena sebagian besar masyarakat masih mengonsumsi air sungai secara langsung, apalagi air sungai yang wilayah sungai yang terdampak bekas kebakaran hutan dan lahan," sebutnya. (RENO/B-11)

Berita Terbaru