Besok Pemkab Kobar Rapat Bahas Peningkatan Status Karhutla

  • Oleh Wahyu Krida
  • 16 September 2019 - 22:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Besok Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa 17 September 2019 akan menggelar rapat terbatas untuk membahas peningkatan status kebencanaan akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Bupati Kobar, Nurhidayah di sela meninjau kebakaran lahan di Kelurahan Raja Seberang dan di Kelurahan Sidorejo dekat Sekolah Bina Insan, Senin, 16 September 2019 sore menjelaskan rapat ini digelar untuk mengantisipasi kondisi kabut asap yang semakin tebal.

"Dalam rapat nanti akan dibahas mengenai peningkatan status daerah dari siaga menjadi tanggap darurat kabut asap," jelasnya.

Selain itu lantaran kurangnya personel dalam penanganan Karhutla rencananya juga akan dibahas kemungkinan pembukaan posko peduli asap.

"Posko tersebut nantinya akan menampung dan mengakomodasi masyarakat perorangan maupun kelompok yang bersedia menjadi sukarelawan pemadaman kebakaran lahan," imbuhnya.

Posko tersebut juga untuk mengakomodasi bantuan yang diberikan masyarakat dalam bentuk logistik pendukung pemadaman dari tim Karhutla.

"Sukarelawan untuk membantu pemadaman sangat diperlukan lantaran banyaknya hotspot. Berdasarkan laporan beberapa hari ini, belum selesai kita memadamkan di satu lokasi, tiba-tiba ada laporan munculnya kebakaran lahan di lokasi lain. Agar semua bisa ditangani dengan baik, maka kita merencanakan membuka posko sukarelawan," tegasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru