Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Embung di Desa Mampuak II Mampu Atasi Krisis Air

  • Oleh Ramadani
  • 18 September 2019 - 19:12 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Desa Mampuak II, Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara membangun embung air. Bahkan pembangunan itu mampu mengatasi krisis air di desa, yang sebelumnya selalu terjadi saat musim kemarau.

Kepala Desa Mampuak II, Hariyadi, Rabu, 18 September 2019, mengatakan desanya yang dulunya pernah kesulitan air bersih saat musim kemarau. Dan kini sudah tak dirasakan lagi.

Pemerintah desa membangun embung air melalui dana desa (DD) tahun 2018. Embung itu berukuran 80 x 45 meter dengan kedalaman 4 meter yang terletak persis di belakang kantor Balai desa.

Hariyadi mengatakan, selain mrngunakan dana desa, pembangunan embung juga dibantu Pemkab Barito Utara melalui Dinas Pertanian, berupa alat excavator.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak bupati atas perhatiannya hingga desa kami bisa menikmati air bersih. Kalau secara mandiri menggunakan dana desa kita tidak mampu dari segi anggaran," kata Hariyadi.

Menurutnya, embung yang ada saat ini selain bisa digunakan warga untuk mandi dan juga MCK, embung bisa membantu warga untuk menyirami tanaman. 

"Embung juga bisa dinikmati masyarakat desa tetangga seperti desa Mampuak II dan desa Liju," ucap Kades.

Salah satu warga Mampuak II, Tohir mengatakan dengan adanya embung sangat membantu masyarakat di saat musim kemarau.

"Alhamdulillah saat ini air dari embung bisa digunakan untuk air minum, tidak untuk mandi saja. Kita tidak lagi kekurangan air," kata dia.(RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru