Kades Lawang Uru: Dukung Adanya Penyebaran Pantang Pali dalam Ritual Pakanan Sahur

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 20 September 2019 - 21:52 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pemerintah Desa Lawang Uru, Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulang Pisau mendukung adanya pantang pali yang merupakan bagian dari proses ritual Pakanan Sahur Lewu yang gelar sejak Rabu 18 September 2019.

"Untuk pantangan yang nantinya akan disebarkan kepada warga pada prinsipnya saya sebagai kades mendukung. Intinya ada koordinasi dengan pemerintahan desa," ujar Kades Lawang Uru, Hermanus di kediamannya, Jumat 20 September 2019.

Adanya koordinasi yang dilakukan panitia dimaksudkan agar pemerintahan desa juga ikut membantu memberikan imbaun kepada masyarakat tentang adanya pantangan tersebut.

"Kalau ada koordinasi jadinya bagus. Nanti kami juga ikut mengimbau masyarakat," imbuhnya.

Sebelumnya ketua panitia ritual pakanan sahur, Hendrip akan membagikan selebaran yang berisi pantangan petahu yang dihasilkan dari proses ritual Pakanan Sahur.

"Nanti setelah Petahu turun dan menyampaikan pantangan yang harus dijalankan oleh warga desa akan kami sebarkan," ujar pria yang disapa Egi, Rabu 18 September 2019.

Berkaitan dengan pantangan yang diberikan jika ada yang melanggar akan menjadi menjadi tanggung jawab diri sendiri. (ARNOL/B-6)

Berita Terbaru