Pemkab Kotim Harus Punya Terobosan Untuk Tiga Komoditas Andalan Masyarakat 

  • Oleh Naco
  • 26 September 2019 - 19:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kotawaringin Timur, Parimus meminta pemkab agar memiliki terobosan untuk tiga komoditas andalan masyarakat. Yakni karet, rotan dan kelapa sawit.

Jika pemerintah punya komitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maka harus mempunyai terobosan untuk mendongkrak harga komoditas tersebut.

"Saat ini ada warga yang mulai menjual lahan sawitnya karena kondisi harga komoditas itu," kata Parimus, Kamis, 26 September 2019.  

Di lain sisi, perusahaan yang selama ini menerima hasil perkebunan masyarakat itu cenderung menutup diri. Akibatnya, selain harga murah, warga juga kesulitan menjual hasilnya. 

Parimus menyarankan, pemerintah bisa mempermudah adanya investor yang ingin membangun pabrik di Kotim. Baik itu pabrik karet, rotan dan kelapa sawit.

"Berikan kemudahan bagi mereka karena dengan begitu dampaknya sangat positif untuk kehidupan masyarakat. Jangan ada monopoli," tegasnya.

Dia mendorong agar pemerintah hadir mencarikan solusi. Di antaranya memberikan dukungan kepada BUMD untuk bergerak di sektor pengolahan tandan buah segar, karet, dan rotan.

"Pemerintah bisa membangun pabrik sebagai tempat untuk menampung hasil perkebunan warga tersebut. Selama ini dukungam kepeda 3 sektor itu hampir tidak ada sama sekali," tandasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru