Ini Tujuan Sosialisasi Perhutanan Sosial di Katingan Hilir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 09 Oktober 2019 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Tujuan diselenggarakan sosialisasi perhutanan sosial tingkat Kecamatan Katingan Hilir mencakup lima poin.

Hal ini mengemuka saat Bagian Sumberdaya Alam (SDA) Setda Kabupaten Katingan mengadakan sosialisasi perhutanan sosial tingkat Kecamatan Katingan Hilir, Rabu 9 Oktober 2019.

Kabag SDA Setda Katingan, Karya Darma mengatakan tujuan sosialisasi ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan melalui mekanisme pemberdayaan dan tetap berpedoman pada aspek kelestarian hutan.

Tujuan lainnya mengurangi konflik lahan di masyarakat dan ke depannya bisa membantu mengatasi kemiskinan.

Kemudian masyarakat sekitar hutan dapat mengelola dan mdmberdayakan lahan hutan, memberikan pedoman pemberian hak pengelolaan, perizinan, kemitraan dan hutan adat.

Lainnya untuk menyelesaikan masalah tenurial dan keadilan bagi masyarakat setempat dan masyarakat hukum adat yang berada di dalam atau sekitar kawasan hutan dalam rangka kesejahteraan masyarakat dan pelestarian fungsi hutan.

Sosialisasi ini diikuti 60 peserta terdiri dari camat dan tokoh masyarakat, sedangkan narasumber Bupati Katingan, Sekda Katingan, Dinas Kehutanan Kalteng, dan Kepala Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Kalteng. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru