Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Presiden Turki Lanjutkan Operasi Militer ke Suriah

  • Oleh Inilah.com
  • 17 Oktober 2019 - 21:50 WIB

INILAHCOM, Ankara - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, akan terus melanjutkan operasi militer di Suriah utara sampai terwujud apa yang ia sebut sebagai "zona aman".

Tentara Turki dan pemberontak Suriah melancarkan operasi untuk menumpas milisi Kurdi dari kawasan perbatasan sejak pekan lalu setelah tentara Amerika Serikat ditarik.

Pemerintah Turki menganggap milisi Kurdi sebagai kelompok teroris.

"Operasi ini berlanjut sampai kami bergerak di garis sepanjang 30-35 kilometer dari Manbij ke perbatasan Irak, seperti yang kami telah sampaikan. Tak akan ada keraguan ... tak ada kemungkinan lain (dari rencana kami)," kata Presiden Erdogan, saat berpidato di parlemen di Ankara, hari Rabu (16/10/2019).

Presiden Erdogan juga mengatakan ia akan bertemu dengan Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence, hari Kamis (17/10/2019) ini, meski tadinya mengatakan tak akan menemuinya.

Dalam wawancara dengan Sky News kemarin, Erdogan mengatakan,"Saya berdiri tegak. Saya tak akan menemui mereka (Wapres Pence dan Menlu Mike Pompeo). Saya hanya berbicara jika Trump datang."

AS menjatuhkan sanksi terhadap dua kementerian Turki dan tiga pejabat senior pemerintah sebagai respons atas serangan militer ke Suriah utara.

Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin, mengatakan sanksi-sanksi yang diberikan "sangat kuat" dan punya dampak berat terhadap ekonomi Turki.

Menurut Wapres Pence, Presiden Trump telah menelepon Presiden Erdogan guna mendesak gencatan senjata sesegera mungkin. (Inilah.com/bbc/lat)

Berita Terbaru