Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perwakilan Suku Bangsa di Katingan Gelar Ikrar Nusantara Bersatu

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 Oktober 2019 - 06:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Perwakilan dari berbagai suku di tanah air Indonesia di wilayah Kabupaten Katingan menggelar ikrar nusantara bersatu di pendopo rumah jabatan bupati, Jumat sore, 18 Oktober 2019.

Acara ini dalam rangkaian rapat forum koordinasi pimpinan daerah Kabupaten Katingan mengantisipasi situasi dan kondisi menjelang ataupun pasca agenda nasional pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Pada acara yang dihadii Bupati Katingan, Sakariyas dan sejumlah pejabat daerah itu, puluhan warga dari perwakilan suku bangsa di Indonesia yang berdomisili di Kabupaten Katingan melaksanakan ikrar bersama yang dipandu Wakil Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Katingan, Heriyadi P Samad. Adapun perwakilan suku bangsa itu, yakni perwakilan kerukunan warga Dusmala, Kahayan, Jawa, Sunda, Banjar, Madura, Batak, Padang, Aceh, Bugis, Manado, Ambon, Lombok dan lainnya.

Mereka bersama-sama membacakan ikrar nusantara bersatu masyarakat Kabupaten Katingan. "Atas rahmad Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, kami komunitas agama, suku, adat paguyuban, tokoh masyarakat, tokoh pemuda Kabupaten Katingan dengan ini berikrar," teriak Heriyadi P Samad diikuti perwakilan kerukunan warga lainnya.

Ada lima poin isi ikrar nusantara bersatu masyarakat Kabupaten Katingan ini. Pertama berjanji akan setia pada Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Kedua, siap menjadi pilar garda terdepan pembauran kebangsaan dalam rangka menjaga keutuhan NKRI harga mati. Ketiga, menghormati dan menghargai sesama warga negara Indonesia serta akan menjunjung tinggi norma agama, sosial, dan hukum.

Keempat, menciptakan harmonisasi atau fluralisme etnis, suku, agama, ras dan antar golongan dalam bingkai bhineka tunggal ika. Kelima, mendukung pemerintah, TNI dan Polri dalam rangka menciptakan situasi Kabupaten Katingan yang aman, tertib, damai dan kondusif. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru