Pemkab Kotawaringin Timur Harus Perhatikan Situs Budaya Daerah

  • Oleh Naco
  • 20 Oktober 2019 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemkab Kotawaringin Timur harus perhatikan situs budaya daerah.

Situs budaya di Kabupaten Kotawaringin Timur Jangan sampai dikesampingkan dan harus diperhatikan secara terus menerus.

Anggota DPRD Kotim Rimbun mengatakan, perhatian itu melalui pemberdayaan agar situs itu tetap selalu ada. Maka dari itu instansi terkait agar mendata di mana saja lokasi situs budaya itu di daerah ini.

Menurut Rimbun, pengembangan sektor wisata tidak cukup bilamana pemerintah hanya mengandalkan wisata buatan saja. Karena tentunya akan kalah bersaing dengan daerah lain.

"Tidak ada apa-apanya wisata buatan di tempag kita ini, jika itu diandalkan menarik minat wisatawan sulit berkembang wisata kita," kata Rimbun, Minggu, 20 Oktober 2019.

Rimbun menekankan, pemerintah harus mengembangkan budaya daerah karena itu nilai jual sangat tinggi menarik minat wisatawan salah satunya melalui pemberdayaan situs budaya itu.

Di Kotim kata Rimbun selama ini situs budaya bisa dikatakan  masih jauh dari kata pelestarian. Buktinga seperti Sandung, tugu perjuangan hingga situs lainnya banyak yang tidak terawat.

"Jika tidak ada campur tangan pemerintah kita khawatir itu akan sulit dilestarikan. Setidaknya pemerintah bisa mengalokasikan anggaran untuk itu," tandasnya. (NACO/B-2)

Berita Terbaru