Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ingin Swasembada Jagung, Dinas Pertanian Barito Timur Gencar Bina Petani

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 25 Oktober 2019 - 09:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Barito Timur Riza Rahmadi mengatakan, bahwa tahun 2019 dan 2020 pihaknya bian petani untuk mewujudkan Bartim swasembada jagung.

Hal itu dimaksudkan agar Barito Timur bisa berswasembada jagung, yakni untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak di Barito Timur.

Bekerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Dinas Pertanian mengadakan pendampingan petani milenial untuk mempersiapkan petani jagung yang unggul, bertempat di Desa Sibung, Kecamatan Raren Batuah. Kamis 24 Oktober 2019.

"Mungkin ada beberapa titik atau desa-desa tertentu yang budidaya jagungnya bagus seperti desa sibung, desa kalamus dan sekitarnya, kita upayakan menjadi sentra pertanian jagung," kata Riza di kantornya. Jumat, 25 Oktober 2019

Selain untuk memenuhi kebutuhan jagung bagi kebutuhan pakan ternak di Barito Timur, Riza juga memberikan kebebasan bagi petani untuk menjual hasil panennya ke luar daerah.


"Kemana saja jualnya terserah, kawan-kawan petani sudah banyak yang tahu kemana menjual jagung. Jalannya sudah ada, tinggal semangatnya lagi, PPL-PPL kami sudah siap membantu," imbuh Riza.

Menurutnya, di Kecamatan Raren Batuah juga akan dikembangkan pembenihan jagung bekerja sama  dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Tengah untuk memenuhi kebutuhan benih jagung bagi petani di Barito Timur.

Koordinator jabatan fungsional penyuluh pertanian Dinas Pertanian dan Peternakan Barito Timur, Lukmanul Chakim menjelaskan, ada 30 orang petani muda dari Desa Sibung, Malintut, Tangkum dan Desa Batuah yang didampingi untuk melakukan pembenihan jagung. (AGUSTINUS BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru