Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lagi, Buaya Muncul di Sungai Arut

  • Oleh Wahyu Krida
  • 06 November 2019 - 12:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Lagi, seekor buaya terlihat berenang di sekitar permukiman masyarakat di Sungai Arut, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Tio, warga Kelurahan Raja Seberang mengatakan reptil ini diketahui warga, Rabu, 6 November 2019 sekitar pukul 07.00 WIB di sekitar Gang Flamboyan, Kelurahan Raja.

"Kemudian buaya berenang menuju dermaga KP3 dan kemudian menuju wilayah Kelurahan Mendawai," jelasnya.

Dia menjelaskan memang dalam beberapa waktu ini reptil tersebut memang beberapa kali muncul di sungai. "Beberapa Minggu lalu juga munculnya disekitar lokasi kemunculannya hari ini," ujarnya.

Sementara itu Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun BKSDA Kalteng, Dendi Sutiadi menjelaskan ada beberapa faktor yang menjadi pemicu munculnya buaya di sekitar perkampungan penduduk.

"Bisa saja lantaran lokasi ini airnya payau lantaran masuknya air laut ke sungai. Bisa juga lantaran adanya sampah rumah tangga seperti bekas makanan yang dibuang ke sungai," jelasnya.

Sejak beberapa waktu lalu saat ada laporan masyarakat terkait kemunculan buaya di Sungai Arut, pihaknya berupaya untuk memasang jebakan agar buaya tersebut bisa direlokasi.

"Biasanya memang bila ada laporan kemunculan buaya, staf kami langsung bergerak ke lokasi untuk mengumpulkan data.Bila diperlukan kami akan berupaya memasang perangkap. Namun untuk menangkapnya tentunya tidak mudah. Sampai sekarang reptil ini masih belum berhasil masuk perangkap," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru