Sekda Kalteng: Pemberdayaan UMKM Harus Ditingkatkan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 14 November 2019 - 21:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Daerah atau Sekda Kalteng Fahrizal Fitri mengingatkan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM harus dipertahankan dan ditingkatkan. 

Khususnya, pendekatan secara terintegrasi atau terpadu untuk selalu melakukan inovasi dan terobosan dalam mengembangkan usaha pelaku UMKM dengan langkah-Iangkah strategis yang tepat sasaran.

"Sehingga dapat menghasilkan produk-produk yang inovatif, kreatif dan berdaya saing tinggi meningkatkan pendapatan pelaku UMKM dan berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Kalimantan Tengah," kata Fahrizal Fitri melalui Asisten II Nurul Edy pada rapat forum koordinasi pemberdayaan UMKM Kalteng, Kamis, 14 November 2019.

Dia menuturkan, pemberdayaan UMKM merupakan gerakan sinergis antarberbagai pemangku kepentingan atau stakeholders. Keterlibatan dan sinergitas para pihak sangat menentukan prasyarat perkembangan keberhasilan UMKM.

Dia menambahkan, rapat tersebut bertujuan menyamakan persepsi dan orientasi hasil yang dilaksanakan secara terpadu dalam memfasilitasi pelaku UMKM.

Hal ini tentunya untuk memudahkan akses permodalan, manajemen yang baik, kualitas produk, penguasaan teknologi informasi, legalitas usaha, pendampingan dan pemasaran produk.

Juga mendorong peluang usaha, ekonomi produktif dan pemerataan ekonomi untuk mewujudkan masyarakat Kalimantan Tengah maju, mandiri dan adil demi kesejahteraan masyarakat menuju Kalteng Berkah. 

"Saya berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi kita semua dalam memberdayakan UMKM sesuai dengan tupoksi kita masing-masing," tuturnya. (BUDI YULIANTO/ADV/B-11)

Berita Terbaru