Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aplikasi Geoportal Laut Berkah Diluncurkan Bertepatan dengan Hari Ikan Nasional

  • Oleh Budi Yulianto
  • 17 November 2019 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Peringatan Hari Ikan Nasional ke-6 yang digelar di Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng dirangkai dengan peluncuran aplikasi Geoportal Laut Berkah, Minggu, 17 November 2019.

Atas peluncuran aplikasi itu, gubernur pun mengapresiasi kinerja dinas tersebut beserta jajarannya yang mampu berinovasi dalam menjalankan tugasnya.

"Saya berharap, geoportal laut berkah ini menjadi instrumen keterbukaan informasi publik dan pelayanan yang prima yang dapat memberikan kontribusi terhadap PAD sertor kelautan dan perikanan," kata gubernur melalui Sekda Kalteng Fahrizal Fitri.

Dalam kesempatan itu, gubernur juga menyampaikan komitmennya terhadap sektor kelautan dan perikanan. 

Pertama, pembangunan Pelabuhan Perikanan Kumai, Insya Allah tahun 2019 ini tuntas, sebagai pusat ekonomi nelayan antara lain sebagai tempat transaksi jual beli ikan segar, tempat mendapatkan es balok dan BBM.

Kedua, pada tahun 2020 akan melanjutkan pembangunan Pelabuhan Perikanan Kumai dan seluruh kabupaten pesisir pantai.

Ketiga, pada tahun 2020, akan memprogramkan jaminan keselamatan kerja nelayan, yaitu dengan memberikan “Kartu Nelayan Berkah". Apabila nelayan mengalami kecelakaan kerja atau sakit, maka pemerintah provinsi akan memberikan santunan. 

Keempat, pelaku pengolahan ikan akan dibangunkan/rehab Unit Pengolah Ikan (UPI). Terakhir, menumbuhkan wirausaha baru perikanan yaitu memberikan kolam biofiok kepada kelompok pemuda.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng, Darliansjah mengatakan, geoportal laut berkah merupakan sebuah aplikasi inovasi daerah, hasil karya tim kreatif pegawai dinas setempat bersama volunter perikanan.

"Aplikasi ini memudahkan semua pemangku kepentingan untuk mengakses data dan informasi tata ruang laut atau RZWP3K, memudahkan calon investor untuk mengurus izin lokasi perairan dan izin pengelolaan perairan Kalteng," ucapnya. (BUDI YULIANTO/B-2/Adv)

Berita Terbaru