Setelah Tiga Tahun, Akhirnya Perwakilan Kalteng Juara 1 Duta Wisata Tingkat Nasional

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 November 2019 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Setelah tiga tahun Kalimantan Tengah mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti ajang pemilihan Duta Wisata tingkat Nasional, akhirnya tahun ini perwakilan Kalteng meraih juara 1 dan mendapat gelar Duta Wisata Nasional.

Hal ini diketahui saat pengumuman dan grand final pemilihan Duta Wisata Nasional di Bali tadi malam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah, Guntur Talajan menyatakan kebanggaannya atas prestasi yang diraih putra putri terbaik perwakilan Bumi Tambun Bungai ini.

"Pada 2017 dulu Kalteng pernah meraih juara 3 Duta Wisata Indonesia tingkat nasional di Bangka Belitung," kata Guntur Talajan kepada Borneonews pada Minggu, 17 November 2019.

Selanjutnya, kata Guntur, pada 2018 lalu, saat Kalteng menjadi tuan rumah, perwakilan Kalteng hanya mampu meraih peringkat lima.

"Tahun ini luar biasa, atas nama Tony dan Bella mewakili di tingkat nasional di Denpasar mulai tanggal 12-16 kemarin. Tadi malam pengumuman grand finalnya di tingkat nasional pemilihan duta wisata 2019, mereka berhasil meraih juara satu," terang Guntur.

Sementara itu juara 2 menurut Guntur diraih oleh perwakilan Bangka Belitung dan Juara 3 dari Jawa Timur.

Sementara itu, Pembina Asosiasi Duta Wisata Indonesia atau Adwindo Kalteng, Kristini Nainggolan dalam rilisnya menyatakan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung perwakilan dari Kalteng ini sehingga mampu menampilkan yang terbaik dan meraih juara pertama untuk Bumi Tambun Bungai.

"Saya secara pribadi dan sebagai pembina Adwindo Kalteng mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada Bupati Barito Selatan, Bupati Kotawaringin Barat, Kepala Disbudpar Provinsi Kalteng Guntur Talajan dan jajarannya, mentor luar biasa ibu Gebriely Trineida dan rekan-rekan Pembina Adwindo Kalteng," kata Kristini.

Dirinya juga memberikan penghargaannya kepada para sponsor kegiatan mulai dari pakaian yang dikenakan Tony dan Yosia, make up, hingga coach Public Speaking.

"Terima kasih juga kepada para seniman dan pimpinan sanggar dari Palangka Raya yang sudah ikut hadir menonton langsung Grand Final di Bali. Akhirnya setelah tahun 2017 kita juara 3 di NTT, tahun 2018 juara 5 di Palangka Raya, tahun 2019 ini melejit juara 1 di Bali. 

Tahun depan tuan rumah di Kalimantan Timur, mohon dukungan kita bersama. Kalteng itu bisa jadi nomor 1, asal bersatu," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru