Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Barito Timur Kembangkan Ayam Petelur untuk Tekan Angka Stunting

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 November 2019 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Barito Timur mulai mengembangkan peternakan ayam petelur. Hal itu untuk mendukung program pemerintah dalam mencegah dan menurunkan angka stunting, dengan cara mengonsumsi sebiji telur per harinya.

"Telur berperan penting dalam mencegah stunting, melalui pemenuhan protein asal hewan," kata Kepala Distanak Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi. Kamis, 21 November 2019.

Pengembangan ayam petelur ini juga untuk memenuhi kebutuhan protein hewani masyarakat Barito Timur secara keluruhan. Sebab, dengan jumlah peternakan ayam petelur yang ada saat ini, belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

Sementara itu, dokter hewan bidang peternakan Distanak Kabupaten Barito Timur, Akhmad Rizaldi menyampaikan, kondisi luas wilayah Kabupaten Barito Timur memungkinkan untuk menjadi sentral peternakan ayam petelur.

"Dokter hewan juga tersedia dan jumlah penyuluh pertanian yang ada cukup untuk membina masyarakat dalam budidaya ayam petelur," kata Akhmad.

Menurutnya, pakan ayam petelur juga tidak sulit didapatkan, karena sudah ada pabrik pakan ternak di kilometer 270, Desa Tampah, Kecamatan Paku. Bahkan sudah ada kelompok tani yang diajarkan mengolah pakan secara swadaya dengan mesin pengolah dan penepung pakan. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru