Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Sula Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Simah Laut di Desa Ujung Pandaran Digelar Dengan Doa Bersama

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 Desember 2019 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Simah Laut di Pantai Ujung Pandaran, Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) digelar dengan doa bersama sebagai ungkapan syukur masyarakat. Selain masyarakat termasuk di dalamnya adalah nelayan, doa bersama itu juga diikuti pemerintah daerah.

"Kegiatan Simah Laut digelar dengan melaksanakan doa bersama. Ini sebagai ungkapan syukur para nelayan atas melimpahnya hasil tangkapan ikan mereka," ujar Sekretaris Kecamatan Teluk Sampit Muslih, Minggu, 8 Desember 2019. 

Ia menerangkan, doa bersama tersebut dinamai dengan "Selamatan kampung". Harapannya adalah bisa diberikan kenikmatan dan rezeki berupa melimpahnya hasil tangkapan ikan mereka. Selain itu, berdoa agar terus diberikan keselamatan saat melaut. 

"Kegiatan ini memang berbeda dengan Simah Laut 2 tahun lalu. Karena kami sudah meniadakan kegiatan melarung sesajen ke leaut," ungkapnya. 

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotim, Fajrurrahman mengatakan bahwa pihaknya menyerahkan semua kepada masyarakat. Apa yang dikehendaki masyarakat dalam kegiatan tersebut, lanjut dia, akan dilaksanakan. 

"Intinya kami mengikuti, mendukung, dan memfasilitasi apa yang menjadi keinginan masyarakat. Hari ini, Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar," terang Fajrurrahman. 

Ia berharap, kemasan kegiatan tersebut di tahun yang akan datang bisa lebih baik lagi. Tentunya tidak melanggar norma agama. Sebelumnya, sejumlah pemuda masjid di desa tersebut meminta agar kegiatan Simah Laut ditiadakan.

Hal ini dinilai melanggar norma agama, apalagi di dalamnya ada ritual melarung. Sehingga pihak kecamatanpun sepakat menghilangkan kegiatan tersebut dan menggantinya dengan selamatan kampung. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru