Peredaran Rokok Ilegal Terbanyak di Barito Timur

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 13 Desember 2019 - 00:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pada tahun 2019, peredaran rokok tanpa cukai atau kategori ilegal terbanyak di Kabupaten Barito Timur. Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Pulang Pisau, Indra Sucahyo, Kamis 12 Desember 2019.

"Peredaran rokok ilegal terbanyak berada di wilayah Kabupaten Barito Timur, sebanyak 132.620 batang rokok tanpa dilekati pita cukai yang disita dari satu orang tersangka berinisial MN," ujar Indra.

Menurut Indra peredaran rokok ilegal sebelumnya terbanyak di Kabupaten Kapuas, namun karena sudah dilakukan beberapa kali penindakan sudah ada penyadaran dan juga efek jerah.

“Sebelumnya Kapuas ya peredaran terbanyak. Mungkin warga disitu sudah jera, karna sudah ada warga yang ditahan. Nah, sekarang disitu sudah mulai menurun, sekarang bergeser dari Kapuas ke Barito Timur.” Ucap Indra Sucahyo.

Diakhir perbincangan, Indra sangat mengharapkan agar masyarakat Kalteng senantiasa turut membantu petugas bea cukai sehingga peredaran baik rokok ilegal maupun produk lainnya tidak terjadi lagi di Kalteng.


"Kalau masyarakat sadar dan tidak tergiur dengan harga maka otomatis produk ilegal tidak laku disini. Tetapi kalau masyarakatnya mau membeli dan mengonsumsi ya otomatis ada yang mengadakannya," ujar Indra. (ARNOL/B-5)

Berita Terbaru