Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Malawaken Diajak Cegah Karhutla melalui Pelatihan ini

  • Oleh Ramadani
  • 24 Desember 2019 - 18:38 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengajak warga Desa Malawaken untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla), melalui pelatihan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB), Selasa, 24 Desember 2019.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, Setia Budi menjelaskan, PLTB merupakan alternatif solusi bagi masyarakat untuk mengolah biomassa yang ada di lahannya sebelum masa tanam, sehingga lebih bernilai, serta memberikan manfaat ekonomi dan ekologi.

"Kita akan terus menyosialisasikan gerakan PLTB ini kepada seluruh masyarakat Barito Utara," jelas Setia Budi.

Sementara, Bupati Barito Utara, Nadalsyah menegaskan, program PLTB ini merupakan aksi nyata untuk mencegah karhutla, dengan mengedukasi masyarakat dalam mengolah lahan tanpa menimbulkan masalah.

"Diharapkan juga nantinya desa yang telah diberikan sosialisasi serta edukasi dapat menularkan ilmunya kepada desa lainnya," kata Nadalsyah.

"Kita tidak boleh hanya melarang, tapi juga harus memberikan solusi. PLTB ini salah satunya," kata Nadalsyah.

Dia menerangkan, penerapan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar itu mudah dan konsep pengolahan lahan secara berkelanjutan. Tidak ada pembakaran saat pembukaan lahan maupun pasca panen.

"Memang di awal memulainya terasa lebih mahal jika dibandingkan dengan cara membakar. Namun dalam jangka panjang akan sangat bermanfaat dan menguntungkan," jelas Nadalsyah. (RAMADANI/B-11)

Berita Terbaru