Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Periksa 7 Hal Ini di Mobil Anda Sebelum Liburan

  • Oleh Inilah.com
  • 30 Desember 2019 - 16:30 WIB

INILAH.COM, Jakarta - MUSIM liburan akhir tahun telah tiba. Sudah banyak dari Anda yang merencanakan liburan bersama sahabat atau keluarga. Bagi yang memutuskan menggunakan kendaraan sendiri, sebaiknya memperhatikan kondisi kendaraan Anda.

Kondisi kendaraan yang prima sangat penting untuk mendukung kenyamanan dan keselamatan selama di jalan. Belum lagi jika tujuan perjalanan Anda harus menempuh jarak ratusan kilometer. Jika mobil bermasalah bisa membuat liburan akhir tahun Anda berantakan.

Mengutip sejumlah sumber, berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan bagi pemilik kendaraan sebelum berpergian jauh selama libur akhir tahun.

Anda dapat melakukannya sendiri dengan melihat fisik kendaraan. Atau jika perlu, bisa datang ke bengkel resmi terdekat langganan Anda.

1. Periksa Kondisi Ban

Perjalanan jauh tentunya membutuhkan kondisi ban yang prima. Pastikan kondisi dan umur ban masih dalam rekomendasi. Caranya periksa ukuran tapak ban yang sebaiknya di atas 50 persen. Cek kedalaman ban lewat tire wire indicator apakah baik-baik. Ganti baru, jika memang diperlukan.

Periksa juga tekanan angin ban. Biasanya tekanan angin pada ban mobil antara 30-34 psi. Jangan lupa juga periksa ban cadangan/ ban serep untuk jaga-jaga.

2. Periksa Kondisi Oli Mesin

Pastikan oli mesin dalam kondisi yang cukup dan untuk mengeceknya bisa menggunakan dipstick. Caranya, setelah oli diambil menggunakan dipstick level oli harus berada di garis antara L dan F dan lebih baik jika berada sedikit di bawah garis level F.

Jika kurang dari garis yang disebutkan, maka dari itu tambahkan oli secukupnya dan pastikan batas waktu (kilometer) pemakaian oli tersebut masih cukup untuk jarak yang akan di tempuh.

Berita Terbaru