Katingan Masih Aman dari Bencana Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 Januari 2020 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Meski curah hujan dalam beberapa hari terakhir tinggi, namun sejauh ini wilayah Kabupaten Katingan masih aman dari bencana banjir.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Eka Surya Dilaga, Kamis, 2 Januari 2020 menegaskan bahwa di daerahnya masih dalam kondisi aman banjir. 

Meski demikian, ia mengimbau kepada masyarakat terutama yang bermukim di bantaran sungai atau daerah rendah agar selalu mewaspadai datangnya bencana banjir ini.

Pasalnya, debit air daerah aliran sungai atau DAS Katingan saat ini mulai meningkat.

Menurut Eka Surya Dilaga, dalam mengantisipasi bencana banjir ini selain melakukan imbauan dengan memasang spanduk tersebar di berbagai wilayah terutama rawan banir, pihaknya juga mengerahkan personel BPBD turun ke lokasi rawan banjir guna melakukan pengecekan.

Hari ini, kata Eka Surya Dilaga petugas dari BPBD turun memantau keadaan Sungai Katingan di wilayah Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah.

Di wilayah Katingan Tengah, kata Eka Surya Dilaga saat ini meski ada kenaikan debit air, namun masih aman alias belum meluap.

"Seluruh wilayah di Kabupaten Katingan saat ini masih aman dari bencana banjir," imbuh Eka Surya Dilaga. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru