Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemengkasan Pohon di Jalan Protokol Pangkalan Bun Alami Kendala

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 16 Januari 2020 - 21:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tim terpadu Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengalami kendala saat melakukan pemangkasan dan penebangan pohon di jalan protokol di dalam kota Pangkalan Bun.

Tim terpadu meliputi Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Badan Penanggulangan Bencana (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar), Dinas Perhubungan, PLN, Telkomsel dan Shinta Buana Televisi (SBTV) Pangkalan Bun. Lokasi pemangkasan pohon masih dilakukan di sepanjang Jalan HM Rafii Pengkalan Bun.

Kepala Dinas DLH melalui Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (P2KLH) Syahyani memyampaikan antisipasi cuaca ekstrem awal tahun ini dilakukan pemangkasan pohon potensi ambruk, namun dalam pelaksanaannya mengalami kendala.

"Pemangkasan pohon memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, karena arus lalu lintas yang cukup padat dan pohon-pohonya cukup besar," ujarnya, Kamis, 16 Januari 2020.

Akibat arus lalu lintas cukup padat, sehingga tim terpadu harus menutup jalan berkali - kali, kemudian memutus arus listrik karena ada kabel listrik yang melintang.

"Kami harus berhati-hati dalam pemangkasannya agar tidak mengganggu arus lalu-lintas dan kabel listrik, sehingga kami pun memutuskan untuk melakukan pemangkasan pagi hari saja," jelasnya.

Pihaknya bisa mengatasi kesulitan ini dengan proses yang agak lama, terutama di depan pemukiman Beringin Rindang ini terdapat warung- warung dan rumah dekat pohon yang besar.

"Kalau pohon besar itu harus dipangkas dulu jadi lama, sehingga membuat petugas kesulitan dan harus diperhitungkan segala sesuatunya," tutupnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru