Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Binaan Rutan Tamiang Layang Dibekali Keterampilan Membatik

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 24 Januari 2020 - 06:42 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Tamiang Layang membekali warga binaan wanita dengan keterampilan membatik dan diharapkan saat bebas nanti mereka bisa mengaplikasikan ketrampilan ini di tengah masyarakat.

Kepala Rutan Tamiang Layang, Wahyudi menjelaskan Rutan Kelas IIB Tamiang Layang bekerja sama dengan LPK Wihellie Tamiang Layang untuk memberikan pelatihan batik tulis kepada warga binaan.

"Ada 8 warga binaan yang ikut pelatihan sekaligus membuat pesanan batik, sementara ini untuk batik karyawan di lingkungan Rutan dulu dan nanti jajaki kerja sama lebih lanjut dengan LPK Wihellie yang juga memproduksi batik dengan merek Mawar Saron," katanya, Kamis 23 Januari 2020.

"Selain sebagai kegiatan positif bagi mereka di dalam tahanan, kegiatan ini bisa membantu warga binaan agar terampil, sehingga menjadi bekal mereka saat kembali ke tengah masyarakat," imbuhnya.

Menurutnya, keterampilan batik tulis ini juga menarik untuk didukung karena mendorong pengembangan batik khas Barito Timur serta melestarikan motif asli Dayak di Kalimantan Tengah.

"Di samping keterampilan membatik, rencana ke depan dalam pemberdayaan warga binaan, kami juga akan mencoba menjalin kerja sama dengan dinas maupun pihak lain yang bisa membantu memberikan keahlian kepada warga binaan," pungkasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru