Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Barito Selatan Tangani 3 Kejadian Karhutla di Januari 2020

  • Oleh Uriutu
  • 29 Januari 2020 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok – BPBD Barito Selatan menangani 3 kejadian kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla selama Januari 2020.

"Meski musim penghujan, di bulan ini terjadi kebakaran hutan dan lahan sebanyak tiga kali. Semua itu telah kita tangani sehingga api tidak sempat meluas,” kata kepala BPBD Barsl, Alip Suraya melalui Kasi Kedaruratan dan Logistik, Suwono kepada Borneonews, Rabu, 29 Januari 2020.

Ia membeberkan, lokasi terjadinya karhutla tersebut di Desa Sababilah sekitar 1,5 hektar lahan terbakar, Jalan poros Palangka Raya Buntok, tepatnya di Desa Pararapak sekitar 500 hektar dan kemarin di Desa Pamangka kurang lebih 2-3 hektar.

Namun, lanjut dia, semuanya telah ditangani atau dipadamkan oleh pihaknya sehingga api tidak meluas dan merembet kelainnya.

Ia menjelaskan, pihaknya cepat melakukan pemadaman tersebut berkat informasi dari warga dan Masyarakat Peduli Apia tau MPA yang telah dibentuk di setiap desa.

Meski musim penghujan, pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan sembarangan.

Sebelumnya, pihaknya telah melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat untuk mewaspadai karhutla meski di musim penghujan. “Kita juga telah memasang baliho waspada bencana di titik-titik rawan bencana,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-7)


TAGS:

Berita Terbaru