Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Keerom Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga 2 Kecamatan Wilayah Hilir Katingan Sambut Gembira Pembangunan Jalan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 01 Maret 2020 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Warga di dua kecamatan wilayah hilir Kabupaten Katingan yakni Kecamatan Mendawai dan Katingan Kuala mengaku gembira dengan adanya pembangunan badan jalan oleh pihak perusahaan perkebunan.

Pasalnya, hingga saat ini warga setempat masih menggunakan transportasi sungai maupun laut dan kerukan jika hendak bepergian ke luar daerah, seperti ke Kasongan dan Sampit maupun wilayah lainnya.

"Harapan kami dengan adanya pembangunan jalan dari Kereng Pekahi Kecamatan Kamipang menuju wilayah Kecamatan Mendawai oleh pihak perusahaan perkebunan, bisa membuka keterisolasian warga di bagian hilir. Yaitu Mendawai dan Katingan Kuala yang selama ini menunggu adanya akses jalan darat menuju Kasongan itu," kata Fahrudin, warga Kecamatan Mendawai, Minggu, 1 Maret 2020.

Ia mengaku gembira saat mendengar pemerintah daerah bekerja sama dengan perusahaan perkebunan yang membangun jalan menuju wilayahnya.

"Kalau misalnya nanti jalan darat tembus sampai Kasongan, maka akan mengurangi biaya transportasi warga dan yang pasti dengan adanya jalan darat secara tidak langsung akan meningkatkan perekonomian warga," ungkapnya.

Lurah Pegatan Hilir, Kecamatan Katingan Kuala, Ahmad Kasmiran juga mengaku gembira dengan adanya pembangunan jalan yang bakal tembus sampai wikayah Mendawai itu. Sebab jika jalur darat dari Kereng Pekahi tembus sampai wilayah Kecamatan Mendawai, maka warga Pegatan dan lainnya di wilayah Kecamatan Katingan Kuala juga bakal bisa menggunakan ruas jalan itu saat keluar daerah.

Hal ini karena jalan darat dari wilayah Kecamatan Mendawai menuju Pegatan Kecamatan Katingan Kuala sudah bisa tembus. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru