Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Meski Masker Langka, Warga Kotim Jangan Panik Karena Covid-19 Menular Via Udara

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Maret 2020 - 07:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dr Faisal Novendra Cahyanto, mengungkapkan, masyarakat di daerah ini tidak usah khawatir berlebihan, terkait sulitnya mendapatkan masker. Karena penularan virus corona atau Covid-19 tidak melalui aliran udara.

"Penyebaran virus Covid-19 ini kami harap masyarakat tidak perlu panik. Karena virus tersebut menyebar melalui droplet infection. Yakni cairan batuk atau bersin dari penderita yang langsung terkena ke orang didekatnya atau menempel di benda," ujar Faisal, kapada wartawan, Selasa, 03 Maret 2020. 

Ia menerangkan, masker akan lebih efektif mencegah penyebaran jika dipakai individu yang menderita flu, batuk, dan demam. Sehingga tidak menyebarkan cairan bersin atau batuk ke orang lain atau benda. Selain itu, masker juga bisa digunakan untuk tenaga perawat penderita gejala Covid-19. 

Sementara, untuk individu dengan kondisi sehat, pencegahan terbaik adalah meningkatkan pola hidup sehat. Yakni dengan olahraga teratur, minum air putih yang cukup, konsumsi buah, sayur, dan makanan yang memiliki protein yang cukup.

Selain itu, tingkatkan kebiasaan cuci tangan pakai sabu. Dan harus hindari kebiasaan memegang bagian wajah pakai tangan. Hal itu jauh lebih efektif menghindar paparan Covid-19. 

"Yang asti pola hidup sehat adsah upaya menghindari terpaparnya virus tersebut. Karena Covid-19 akan tertular jika seorang individu kontak langsung jarak dekat dengan penderita. Begitu juga yang sempat memegang benda yang sudah terpapar cairan mengandung virus tersebut,"kata Faisal. 

Sedangkan tingkat presentase kematian Covid-19 lebih rendah dibandingkan virus sars atau mers. Karena menurut data WHO, tongkat kematian Covid-19 hanya 2%, sars 10%, dan mers 34%. Bahkan Covid-19 juga penyakit yang bisa sembuh sendiri tanpa obat, dengan meningkatkan imunitas daya tahan tubuh. (MUHAMMAD HAMIM/m)


Kepala Dinas Kesehatan Kotim dr Faisal Novendra Cahyanto, meski masker sulid didapatkan, masyarakat jangan panik karena penularan Covid-19 tidak melalui aliran udara. 
 

Berita Terbaru