Mayoritas Mahasiswa Baru Pertama Kali Dapat Pengetahuan Enterpreneur Langsung Dari Pelaku Usaha

  • Oleh Wahyu Krida
  • 10 Maret 2020 - 20:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Mayoritas mahasiswa dari berbagai kampus di Kalteng yang mengunjungi perkebunan kelapa sawit PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk atau SSMS baru pertama kali mendapat pengetahuan bisnis perkebunan kelapa sawit langsung dari pelaku bisnis.


Ini terjadi saat mengikuti Short Training Enterpreneur Muda Kalteng Berkah yang digelar oleh PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk atau SSMS di Kotawaringin Barat, Selasa, 10 Maret 2020. Tampil sebagai pembicara kunci dalam kesempatan tersebut, pemilik Citra Borneo Indah Group H Abdul Rasyid AS.

Febri, seorang mahasiswa Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Palangka Raya (UPR) mengatakan, setelah mendapatkan pencerahan mengenai enterpreneur atau kewirausahaan dari H. Abdul Rasyid AS, tekadnya memulai sebuah usaha semakin kuat.

"Saya sudah lama memiliki rencana berternak ikan dengan keramba. Walau bisnisnya berbeda dengan yang dilakukan H. Abdul Rasyid AS, namun banyak ilmu bermanfaat mengenai seluk beluk bisnis yang bisa saya petik dalam kegiatan kunjungan ke kebun dan diskusi bersama beliau," jelas Febri.


Sebelumnya, saat berkunjung ke Sulung Ranch yang merupakan pioner integrasi sawit-sapi di Indonesia, pengusaha H Abdul Rasyid AS memberikan pencerahan singkat mengenai bisnis peternakan sapi yang ia kelola.

Di tempat tersebut secara singkat H. Abdul Rasyid AS menjelaskan kepada mahasiswa mengenai manfaat berternak sapi untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

"Kita harus mengubah stigma lama, bahwa berternak itu kotor, hanya dilakukan orang desa dan stigma yang jelek lainnya.  Saat ini kalian bisa lihat peternakan ini dikelola secara modern dan bersih. Karena banyak manfaat secara ekonomi  yang bisa didapatkan masyarakat bila mau memulai enterpreneur berternak dan berdagang sapi," jelas H. Abdul Rasyid AS. (WAHYU KRIDA/m)

Berita Terbaru