Kabupaten Gunung Mas Zona Hijau Virus Corona, Bupati Ingatkan Tetap Waspada

  • Oleh Hendra
  • 27 Maret 2020 - 10:30 WIB

BORNEONEWS,  Kuala Kurun - Kabupaten Gunung Mas dinyatakan sebagai zona hijau penyebaran virus corona. Kendati demikian, Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong tetap mengingatkan untuk waspada.

"Kabupaten Gunung Mas zona hijau. Meski memang ada 3 orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19," kata Jaya S Monong,  Jumat 27 Maret 2020.

Dia mengatakan, meski masuk dalam kategori zona hijau, pihaknya sudah menetapkan status siaga darurat virus Corona. 

Berbagai langkah seperti rapat koordinasi, mengeluarkan surat edaran, dan melakukan penyemprotan cairan disinfektan sudah dilakuan gugus tugas penanganan Covid-19.

Selain itu pihaknya juga mengecek gedung yang digunakan untuk ruang isolasi, apabila ada pasien dalam pengawasas atau PDP yang ditemukan, sebelum dirujuk ke RSUD Doris Silvanus Palangka Raya. 

Langkah lainnya, mendirikan posko pemantauan dan sterilisasi pada tiga titik yang ditempatkan di jalur masuk Gunung mas.

"Di posko itu nanti akan difasilitasi alat pengukur suhu tubuh, tempat cuci tangan, serta ruang sterilisasi untuk penyemprotan disinfektan," jelasnya. 

Dia menambahkan, untuk mencegah virus corona masuk ke wilayah Gunung Mas, pemkab juga menyediakan anggaran sebesar Rp 500 juta. 

"Untuk itu kami minta kepada masyarakat jangan panik, namun tetap waspada. Hindari kerumunan orang banyak, tetap berada di rumah, dan paling penting selalu terapkan pola hidup sehat dan bersih," tutupnya. (HENDRA/B-11)

Berita Terbaru