Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satgas Penanganan Covid-19 Kapuas Rakor Bahas Ketahanan Pangan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 31 Maret 2020 - 17:21 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Satgas Pencegahan dan penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas menggelar Rapat koordinasi (Rakor) membahas ketahanan pangan antisipasi imbas dari pandemik virus corona.

Rapat terkait Strategi Ekonomi dan Ketahanan Pangan dipimpin Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Kapuas Andres Nuah didampingi Kepala Dinas Sosial Budi Kurniawan, bertempat di GOR Panunjing Tarung atau tepat disamping posko induk.

Dalam rapat ini dihadiri para Asisten Setda, Kepala SOPD atau anggota Tim Satgas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Kapuas, pihak Perbankan serta dari Bulog Wilayah Kapuas.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan menerangkan peran serta pemerintah menjaga kestabilan harga pangan, terutama beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan menjamin ketersediaan dan ditribusi kepada masyarakat.

Dikhawatirkan munculnya spekulan kemudian mengakibatkan harga bahan dan pokok naik secara sepihak dan dampaknya akan terasa kepada masyarakat itu sendiri.

Dia meminta juga kepada pihak BUMN/BUMD serta Perbankan untuk menjamin ketersediaan dan distribusi pangan.

"Untuk mewujudkan hal tersebut maka rencananya ada dua skema yang harus diambil oleh pemerintah daerah berdasarkan jumlah atau masyarakat yang terdampak khususnya Kabupaten Kapuas," ucapnya.

Di antaranya subsidi kepada masyarakat menengah, contohnya masyarakat pekerja sektor informal yang terdampak virus ini dan bantuan langsung kepada masyarakat ekonomi menengah ke bawah seperti masyarakat miskin di luar penerima program pemerintah seperti PKH dan BPNT.

"Alur untuk skema tersebut adalah pemerintah sebagai penyedia subsidi ataupun bantuan langsung lalu disalurkan melalui lumbung desa dan koperasi kepada masyarakat," jelasnya.

Tetapi ia tetap berharap hal tersebut tidak terjadi, dan penyebaran virus corona dapat dicegah di wilayah Kapuas.

Berita Terbaru