Tenaga Medis Positif Corona terus Bertambah

  • Oleh Teras.id
  • 31 Maret 2020 - 23:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Tim Gugus Covid-19 DKI Jakarta mencatat jumlah tenaga medis yang tertular virus Corona di Jakarta terus bertambah. Hingga Selasa, 31 Maret 2020 sudah ada 81 tenaga medis positif Corona

"Untuk tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 sebanyak 81 orang," ujar Ketua II Gugus Tugas COVID-19 Provinsi DKI Jakarta, Catur Laswanto, dalam konferensi pers daring di Balai Kota, Selasa 31 Maret 2020.

Catur mengatakan 81 tenaga kesehatan yang tertular tersebar di 30 rumah sakit. Angka tersebut naik dari sebelumnya dimana ada 50 tenaga medis positif Corona di 24 rumah sakit. Sedangkan jumlah pasien positif Corona-19 saat ini tercatat ada 741 orang, 49 pasien sembuh, dan 84 orang meninggal.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan jumlah tenaga medis yang terpapar tersebut menggambarkan tingginya risiko penyebaran virus Corona bagi petugas kesehatan.  Anies menyebutkan kondisi tersebut menjadi dasar perlindungan kepada tenaga medis mutlak diperlukan.

DKI, kata dia, telah menyiapkan alat kelengkapan diri (APD) untuk seluruh tenaga medis yang bertugas. Selain itu, Anies akan mengutamakan rapid test Corona atau pemeriksaan cepat untuk tenaga medis. "Sehingga mereka memiliki rasa tenang jika ada gejala awal cepat bisa ditangani," ujar mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini.

TERAS.ID

Berita Terbaru