Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada Perusahaan di Cempaga Hulu Dinilai Cuek dengan Persoalan Warga Sekitar Investasinya

  • Oleh Naco
  • 13 Mei 2020 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Rimbun mengungkapkan di Kecamatan Cempaga Hulu ada salah satu  perusahaan yang cenderung cuek dengan segala persoalan itu warga di sekitarnya. 

Baik itu ketika banjir dan juga ketika wabah Covid-19 ini terjadi. Perusahaan itu minim kontribusi bahkan bisa dikatakan tidak ada.

"Ini berdasarkan tinjauan langsung kami anggota DPRD ke Cempaga Hulu. Kami menemukan ada salah satu perusahaan perkebunan di Kecamatan Cempaga Hulu , mereka investasi ribuan hektare  di sektor perkebunan sawit tapi ketika dalam kondisi masyarakat seperti ini mereka yang tidak punya partisipasi," kata Rimbun, Rabu, 13 Mei 2020.

Menurutnya, laporan itu turut dibenarkan camat setempat. Sikap oknum dunia usaha ini harus menjadi catatan tersendiri bagi pemerintah kabupaten dan masyarakat sekitar. 

Karena rasa kepedulian dan kemanusiaan begitu rendah kepada warga disekitarnya. Padahal selama ini mereka terus meraup keuntungan di wilayah itu.

Rimbun mengakui dari sejumlah investor di Cempaga Hulu seperti perusahaan tambang, perusahaan sawit lainnya sudah  berpartisipasi. 

Bahkan ada perusahaan yang disampaikan melaksanakan penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat  sudah dua tahap.

"Saya pesankan kepada pemerintah kabupaten untuk dunia usaha yang sudah menunjukan rasa kemanusiaan ditengah wabah ini harus juga jadi catatan positif bagi kita semua, karena mereka sudah membuktikan rasa kepeduliannya,” tegas Rimbun.

Maka dari itu, kata Rimbun, dia mendorong agar pemkab melakukan inventarisasi semua penyumbang itu. Daftar nama penyumbang dan barang sumbangan itu harus dipublikasi. 

"Sehingga masyarakat tahu. Begitu juga  yang tidak menunjukan kepedulian harus dipublikasi sebagai bagian dari pemberian sanksi sosial kepada oknum dunia usaha tersebut," tandasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru