Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Selatan Harapkan Program Baznas Pertegas Fungsi Amil Zakat

  • Oleh Uriutu
  • 26 Mei 2020 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri mengharapkan program Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas diarahkan pada mempertegas fungsinya sebagai amil zakat.

"Karena, selaku lembaga publik, baznas Barsel perlu secara rutin dan transparan dalam menginformasikan zakat, infaq serta shadaqah kepada masyarakat penerima zakat maupun dalam pendistribusiannya, baik banyak maupun sedikit dana yang terkumpul," kata Eddy Raya Samsuri usai mengukuhkan pimpinan dan pelaksana Baznas Barsel masa bhakti 2020-2025, Selasa, 26 Mei 2020.

Kemudian lanjut dia, dana zakat, infaq dan shadaqah yang terkumpul, haruslah didistribusi sebagai sumber jaminan kehidupan yang layak khususnya bagi fakir miskin yang masih besar jumlahnya.

Menurut dia, meskipun perolehan dana zakat tidak bisa menghapus secara total kemiskinan yang merupakan sunnatullah, akan tetapi diupayakan bisa menurunkan tingkat kemiskinan, dan mendekatkan antara yang kaya dengan yang miskin.

"Saya yakin, apabila potensi zakat yang dikumpulkan dari umat Islam se Barito Selatan dapat dihimpun, dan dikelola dengan baik, maka dana tersebut bahkan dapat menjadi alternatif untuk penyelesaian berbagai masalah, khususnya dalam rangka pengentasan kemiskinan," ucap dia.

Sebab, sambung dia, mayoritas umat beragama di Barito Selatan ini adalah umat Islam. Dengan demikian, potensi zakat sebenarnya juga sangat besar, namun dalam penghimpunan masih belum optimal.

Padahal jika itu dapat terlaksana, dana yang bersumber dari zakat itu akan sangat banyak manfaatnya, khususnya dalam membantu pemberdayaan, dan meningkatkan kesejahteraan umat, dan peningkatan ekonomi masyarakat pada umumnya.

Untuk itu, pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh yang dikelola secara sistematis melalui basnas Barsel ini sangatlah strategis.

Ia menambahkan, selain berdimensi ibadah yang menjadi pilar membangun masyarakat muslim, juga memiliki potensi sosial ekonomi yang besar untuk menanggulangi dan mengurangi kemiskinan masyarakat. Serta sarana bagi pemerataan pendapatan guna terciptanya keadilan sosial.

Sebab salah satu tujuan dari zakat untuk mempersempit ketimpangan ekonomi dimasyarakat, dan muaranya diharapkan Baznas Barito Selatan bersama-sama dengan pemerintah daerah yang diharapkan mampu membawa masyarakat Barito Selatan lebih sejahtera dan mandiri. (URIUTU DJAPER/B-7)

Berita Terbaru