RSUD Tamiang Layang Siap Lakukan Swab Test dan Rawat Pasien Covid-19

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 04 Juni 2020 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - RSUD Tamiang Layang siap melakukan swab test sekaligus merawat pasien Covid-19.

Hal ini disampaikan Koordinator Bidang Penanganan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Barito Timur, Jimmy WS Hutagalung di Tamiang Layang, Kamis 4 Juni 2020.

"Kita sudah bisa lakukan swab test di sini, jadi pasien tidak perlu dikirim ke Palangka Raya, nanti hasil swab test-nya saja yang kita kirim ke sana," ungkap Jimmy.

Selain alat swab test yang sudah tersedia di RSUD Tamiang Layang, ruangan isolasi juga telah disiapkan sebanyak 10 ruangan.

"Kita juga punya dokter spesialis paru, jadi kita sudah siap untuk melakukan swab test sekaligus merawat pasien Covid-19," lanjut Jimmy yang juga menjabat Direktur RSUD Tamiang Layang.

Dikutip dari sehatq.com, swab test Covid-19 adalah pemeriksaan untuk mendeteksi virus corona atau Covid-19. Tes ini juga disebut tes polymerase chain reaction atau PCR.

Saat melakukan swab test Covid-19, petugas medis akan mengambil sampel apus dari saluran pernapasan misalnya, hidung dan tenggorokan. Sampel ini kemudian dibawa diperiksa di bawah mikroskop untuk mendeteksi ada tidaknya DNA Covid-19.

Biasanya sebelum menjalani swab test, terlebih dahulu dilakukan tes cepat atau rapid test yang menggunakan sampel darah. Namun pasien dengan hasil tes cepat yang reaktif perlu menjalani pemeriksaan PCR agar diagnosis bisa dipastikan.

Karena itu, rapid test menjadi tes skrining awal dan swab test atau pemeriksaan PCR tetap menjadi tes konfirmasi. (BOLE MALO/B-5) 
 

Berita Terbaru