Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desain dan Spesifikasi Konsol Game Baru Sony PS5

  • Oleh Teras.id
  • 12 Juni 2020 - 23:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Sony akhirnya mengungkapkan seperti apa bentuk konsol game terbarunya, PlayStation 5 (PS5). Butuh hampir satu jam dalam acara pengumuman secara virtual sebelum Sony akhirnya mengungkapkan desain perangkat kerasnya itu, Kamis malam 11 Juni 2020, atau Jumat subuh waktu Indonesia.

Konsol PS5 didesain dengan warna paduan putih dan hitam untuk mencocokkan controller baru yang akan disertakan dalam kotak. PS5 berdiri secara vertikal, seperti Xbox Series X, dan akan mencakup dua versi: drive 4K Blu-ray dan Digital Edition murni. 

Varian PS5 tanpa drive optik terlihat jauh lebih tipis daripada model biasa. Penghapusan drive seharusnya membuat Edisi Digital PS5 juga lebih murah, tapi Sony belum menyebutkan soal harga. Sony hanya mengungkap desain selama siaran langsungnya, tapi belum memberikan tanggal rilis atau harga yang pasti untuk kedua varian PS5 tersebut.

Sama seperti Xbox Series X, PS5 dapat ditempatkan secara vertikal atau horizontal di bawah TV atau monitor. Sony juga menyediakan dudukan yang berfungsi untuk kedua penempatan itu. Sony menggunakan apa yang tampak seperti dudukan yang sedikit berbeda untuk Edisi Digital PS5.

Bagian atas unit PS5 tampaknya juga memiliki ventilasi untuk pembuangan panas, dengan port USB-A dan USB-C di bagian depan. Selain itu, Sony telah menciptakan sejumlah aksesori untuk PS5 , termasuk stasiun pengisian DualSense, kamera HD baru, headset nirkabel Pulse 3D, dan remote media.

Desain perangkat keras Sony PS5 muncul beberapa bulan setelah Microsoft mengungkapkan tampilan mirip PC dari konsol generasi berikutnya, Xbox Series X. Sony, seperti Microsoft, kemudian bertahap menyediakan lebih banyak informasi tentang PS5 dalam beberapa bulan terakhir.

Konsol itu dikabarkan akan tiba di musim liburan sekolah tahun ini. Sony sebelumnya mengumumkan spesifikasi PS5 pada Maret lalu, dan chip AMD khusus akan memberikan daya 10,28 teraflops menggunakan frekuensi variabel pada CPU dan GPU.

Sony juga menggunakan solusi SSD eksklusif untuk meningkatkan waktu pemuatan game. SSD akan menyediakan penyimpanan kapasitas 825 GB dan kinerja 5,5 GB per detik. Sony mengharuskan semua game dipasang ke SSD internal untuk menggunakan kecepatan baca.

Epic Games baru-baru ini memberikan demonstrasi teknologi Unreal 5 yang menakjubkan dan berjalan di PS5, memamerkan pemuatan aset 8 K sinematik dan efek pencahayaan dinamis. PS5 juga akan mendukung grafis 8 K, grafik 4 K pada kecepatan refresh 120 Hz , dan audio 3D.

Sementara pengotrolnya, DualSense PS5 sudah diumumkan pada 7 April lalu. Kontroler ini memiliki pemicu adaptif, umpan balik haptic, dan tombol baru yang dirancang untuk berbagi konten permainan.

Seperti pengontrol DualShock, D-pad dan tombol akan tetap berada di bagian atas pengontrol sementara dua stik analognya berada di bagian bawah. DualSense PS5 juga akan memiliki touchpad yang dipasang di tengah dan bilah lampu yang didesain ulang dan berada di setiap sisi touchpad.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru