Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peluang Usaha Pembuatan APD Dilirik Pemkab Kobar Untuk Pengembangan UMKM

  • Oleh Wahyu Krida
  • 26 Juni 2020 - 10:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun -  Tingginya keperluan Alat Pelindung Diri (APD) dalam hal penanganan covid-19 saat ini tentunya membawa peluang baru bagi pelaku usaha untuk turut serta dalam usaha pembuatannya.

Karena kondisi pandemi covid-19 inilah, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan improvisasi pada jenis pelatihan kerja yang diberikannya kepaada masyarakat.

APD berupa masker kain, masker medis, masker N95, face shield dan baju hazmat merupakan jenis produk yang diberikan pengetahuan pembuatannya bagi masyarakat di Balai Latihan Kerja (BLK).

Usai menerima penyerahan APD hasil kegiatan pelatihan masyarakat oleh Disnakertrans Kobar, Jumat, 26 Bupati Kobar Nurhidyah mengatakan ini merupakan upaya awal bagi pelaku usaha di Kabupaten Kobar untuk bisa turut serta dalam pembuatan APD

"Bila produksi APD sudah bisa dilakukan di Kabupaten Kobar tidak menutup kemungkinan nantinya pelaku UMKM Kobar bisa turut serta dalam usaha tersebut. Tentunya APD yang dihasilkan  harus memenuhi standar medis yang sesuai dan terverifikasi oleh Kementerian Kesehatan RI," jelas Bupati.

Walau demikian, menurut Bupati, tingginya kebutuhan APD saat ini merupakan peluang besar dalam dunia usaha yang bisa dilakukan masyarakat UMKM.

"Sebagai contoh, keperluan APD berupa baju hazmat bagi tenaga medis di Kabupaten Kobar. Selama ini APD tersebut selalu  didatangkan dari produsen yang berasal dari Pulau Jawa," jelas Bupati.

Karena, lanjut Bupati,  bila di Kabupaten Kobar, produksi APD tersebut bisa dilakukan dan nantinya sudah memenuhi standar keamanan medis dan terverifikasi oleh Kemenkes  RI, tentunya membawa efek domino yang baik bagi peluang usaha bagi UMKM di Kobar.

"Karena usaha tersebut sudah bisa dilakukan ditempat lain, akan sangat baik bila peluang usaha ini dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi kemajuan UMKM di Kobar,"jelas Bupati. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru