PDAM Kapuas Perpanjang Gratis Tarif Air Hingga Desember

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 01 Juli 2020 - 10:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Kapuas resmi memperpanjang penggratisan tarif air bagi pelanggan, khususnya untuk golongan rumah tangga A hingga Bulan Desember tahun 2020 mendatang.

Kebijakan ini dilakukan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, sebagai langkah dalam meringankan beban masyarakat terutama ekonomi menengah ke bawah yang terdampak Covid-19.

“Untuk meringankan beban saudara- saudara masyarakat Kabupaten Kapuas kami mengambil kebijakan untuk menggratiskan tarif PDAM hingga bulan Desember,” kata Ben, Rabu, 1 Juli 2020.

Ben mengatakan pembebasan tarif ini berlangsung hingga bulan Desember 2020 mendatang yang mana PDAM akan melaksanakan pembebasan tarif biaya PDAM kepada masyarakat menengah kebawah yang ada di Kabupaten Kapuas.

Dirinya juga menambahkan bahwa ini adalah upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas mengurangi beban masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19.


"Kami berharap agar masyarakat bisa tetap semangat walau berada ditengah pandemi seperti ini, dan selalu menerapkan protokol kesehatan," harapnya.

Sementara itu, Direktur PDAM Kabupaten Kapuas Agus Cahyono menjelaskan penggratisan tersebut berdasarkan keputusan Bupati Kapuas nomor 267/PDAM tahun 2020 tentang perpanjangan penggratisan pembayaran air minum PDAM kepada masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Kapuas.

"Ini sesuai dengan kebijakan Bupati Kapuas memperpanjang penggratisan pembayaran tarif air PDAM kepada pelanggan untuk golongan Rumah Tangga A selama enam bulan, terhitung sejak bulan Juli sampai dengan bulan Desember tahun 2020," kata Agus.

Kendati gratis, Agus berharap kepada para pelanggan agar tetap hemat dalam menggunakan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. "Tentu kami berharap kepada masyarakat bisa berhemat juga demi kelangsungan operasional PDAM Kapuas," tuturnya.

Sebelumnya, PDAM Kapuas juga telah menggratiskan tarif air kepada pelanggan golongan rumah tangga A selama tiga bulan lalu, mulai dari April, Mei dan Juni tahun 2020. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru