Kadis ESDM Provinsi Kalteng Sebut Royalty Pertambangan Capai Target Nasional

  • Oleh Nopri
  • 07 Juli 2020 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalteng Ermal Subhan mengatakan, royalty Kalimantan Tengah sudah mencapai target nasional yakni Rp. 964 miliar sampai 30 Juni 2020, dari target tahun 2020 sebesar Rp. 967 miliar.

"Upaya dalam pengawasan dan kontrol di bidang pergambangan ini terus dilakukan oleh pa Gubernur Sugianto Sabran, dalam langkah Dinas ESDM melakukan monitoring secara cepat dan baik. Untuk target sudah tercapai," katanya, Selasa, 7 Juli 2020.

Pria yang baru beberapa bulan mendapatkan gelar Doktor ini, mengharapkan royalty dapat melebihi target yang signifikan, meskipun memahami situasi Covid-19 juga berpengaruh pada industri pertambangan di dunia.

“Mudah mudahan bisa seperti tahun-tahun sebelumnya, mencapai Rp.2 triliun, atau Rp. 1,8 triliun, namun karena situasi Covid-19 ini maka berpengaruh pada dunia usaha serta industri pertambangan," jelasnya.

Sementara itu, hingga saat ini kepatuhan perusahaan untuk membayar royalti sudah cukup baik, walau terkadang masih ditemukan oknum perusahaan yang tidak taat aturan.


"Bisa mencapai target atau melebihi target itu sudah luar biasa. Kami akan terus berupaya dalam peningkatan pengawasan sehingga PAD dari royalty pertambangan juga bagus," tutupnya. (NOPRI/B-5)

Berita Terbaru