974 Petugas Penyelenggara Pilkada di Barito Selatan Jalani Rapid Test

  • Oleh Uriutu
  • 13 Juli 2020 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Sebanyak 974 orang penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah di Barito Selatan telah menjalani rapid test.

Ketua KPU Barsel, Bahruddin mengatakan, 974 penyelenggara Pilkada di rapid test terdiri anggota KPU beserta sekretariat, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan sekretariat.

Serta, lanjut dia, Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP).

“Kita telah melaksanakan rapid test terhadap seluruh penyelenggara Pilkada. Hari ini terakhir di Rapid Tes Kecamatan Dusun Selatan,” kata Bahruddin, usai acara bimbingan teknis (Bimtek) petugas penyelenggara Pilkada di Kecamatan Dusun Selatan, Senin, 13 Juli 2020.

Ia menjelaskan, rapid test dilaksanakan per kecamatan berbarengan dengan pelaksanaan bimbingan teknis bagi petugas yang akan melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih.

"Hal itu dilakukan karena mulai 18 Juli 2020 mendatang, para petugas itu akan berkunjung ke rumah penduduk melakukan pemutakhiran data pemilih," jelas dia.

Menurut dia, rapid test ini untuk memastikan petugas yang melaksanakan coklit dalam keadaan sehat dan siap melaksanakan tugasnya dengan baik.

Disamping itu juga untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat bahwa petugas yang melakukan coklit betul-betul dalam keadaan sehat.

Ia menegaskan, apabila dalam pemeriksaan rapid test itu ada petugas yang hasilnya reaktif, maka yang bersangkutan dinyatakan tidak memenuhi syarat dan langsung dilakukan penggantian meskipun belum dinyatakan positif COVID-19.

Karena lanjut dia, berdasarkan hasil rapid test disalah satu kecamatan, ada beberapa petugas yang hasil rapid testnya reaktif dan yang bersangkutan langsung dilakukan penggantian.

Berita Terbaru