Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Konsorsium Dinilai Ringankan Beban Pemerintah

  • Oleh Naco
  • 26 Juli 2020 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pembangunan dengan sistem konsorsium dinilai meringankan beban pemerintah kabupaten. Dalam waktu dekat ini setidaknya ada dua lokasi jalan yang rencananya akan dibangun oleh pihak perusahaan secara konsorsium. 

Dua jalan itu yakni Jalan Kelurahan Tanah Mas, Kecamatan Baamang serta  jalan lintas Bagendang menuju Jenderal Sudirman. DPRD mendukung hal itu sebagai bentuk kepedulian dari perusahaan terhadap daerah l.

"Kami DPRD sangat mengapresiasi atas kepedulian dan kerjasama ini, apalagi ditangani secara konsorsium. Ini merupakan langkah dan terobosan untuk percepatan pembangunan di daerah bersama dengan investor,” kata Anggota Komisi IV DPRD Kotim, Bima Santoso.

Bima menyebutkan pengerjaan secara konsorsium juga diharapkan lebih baik, dan berkualitas. Apalagi jalan itu pihak perusahaan sendiri yang menikmati. 

Jangan sampai kata dia dikerjakan asal terlaksana maka nantinya ketika fungsional juga tidak bisa maksimal sehingga mengganggu sistem produksi di usaha itu sendiri.

Anggota Komisi IV DPRD Kotim lainnya, M Kurniawan mengatakan hal serupa, harus diterapkan juga di daerah lain agar adil.

"Jika konsorsium di Tanah Mas berhasil maka terhadap daerah lain juga harus adil dengan mekanisme serupa," ucapnya.

Ia juga mengapresiasi kepedulian itu. Maka dari  itu juga dirinya mendorong agar sistem pembangunan jalan dengan konsorsium ini bisa berkelanjutan. Tidak hanya dilakukan di Tanah Mas dan Bagendang saja tetapi daerah-daerah lain yang mengalami kerusakaan infrastruktur jalan bisa menjadi terobosan baru.

"Konsorsium ini menarik, namun apabila ingin dilaksanakan mengapa baru sekarang ditimbulkan. Saya melihat bila ini bisa dilaksanakan di Tanah Mas maka daerah lain juga bisa mengikuti dan Pemkab harus memediasi itu," tegasnya.

Ia mendorong agar pemerintah kabupaten menjadi koordinatornya. Selain itu mereka di DPRD Kotim juga selalu siap untuk menfasilitasinya. (NACO/B-7)

Berita Terbaru