Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

12 Orang Pasien Covid-19 di Barito Timur Sembuh, Gugus Tugas Ingatkan Ini

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 Agustus 2020 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - 12 orang pasien positif covid-19 Kabupaten Barito Timur dinyatakan sembuh pada hari ini, Sabtu 22 Agustus 2020. Di antaranya termasuk Ketua dan Komisioner KPU Barito Timur.

Menanggapi angka kesembuhan yang yang cukup besar tersebut, Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Barito Timur, Simon Biring meminta masyarakat agar tetap waspada terhadap kemungkinan tetap meningkatnya kasus positif covid-19 di daerah setempat.

"Kita harus tetap waspada, bahkan beberapa hari yang lalu gugus tugas provinsi sempat mengingatkan bahwa Barito Timur dan Kota Palangka Raya belum direkomendasikan untuk new normal karena masih beresiko tinggi level 4," ungkap Simon di Tamiang Layang.

Dia juga meminta agar pasien yang dirawat bersikap kooperatif, terutama jika ada yang positif covid-19 supaya jangan mengelak saat dijemput oleh petugas kesehatan.

"Tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Yang reaktif hasil rapid testnya, sebelum keluar hasil swab test harus disiplin isolasi mandiri jangan kemana-mana dulu," lanjutnya.

Simon meminta agar masyarakat belajar dari pengalaman beberapa waktu lalu, yakni ada pasien yang hasil rapid testnya reaktif tapi tetap berpergian sehingga menulari orang lain.

"Angka kesembuhan kita cukup tinggi mudah-mudahan dengan kedisiplinan masyarakat, kita terus bisa tekan angka kasus positif serta meningkatkan angka kesembuhan," kata Simon.

Dia juga mengungkapkan bahwa saat ini sedang diajukan draft Peraturan Bupati Barito Timur tentang kewajiban mengenakan masker bagi masyarakat Barito Timur.

"Draftnya sedang digodok di bagian hukum, mudah-mudahan minggu depan sudah bisa diterapkan," pungkas Simon.

Total kumulatif kasus positif covid-19 Barito Timur sebanyak 80 kasus. Dari jumlah tersebut, 61 orang telah dinyatakan sembuh, 18 orang masih dalam perawatan dan satu orang meninggal dunia. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru