Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Siap Hadapi Hama Grayak

  • Oleh Ramadani
  • 22 Agustus 2020 - 23:45 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara terus berupaya melakukan pengembangan pertanian di wilayah Bumi Iya Mulik Bengkang Turan. Salah satunya yakni pertanian jagung.

Dalam pertanian jagung, kata Kepala Dinas Pertanian Barito utara, Ir setia Budi, Sabtu 22 Agustus 2020, kendala yang sedang marak yakni serangan hama Grayak, berupa ulat pemakan daun jagung.

Ada beberapa lokasi pertanian jagung yang sudah terserang hama Grayak ini yakni di Desa Batu Raya dengan luasan sekitar 100 hektar. "Sebelumnya juga, lahan jagung milik Bupati Barito Utara di Desa Paring Lahung, kecamatan Montallat juga terserang hama grayak. Namun sudah dapat dikendalikan," ungkapnya.

Untuk pengendalian hama Grayak ini, jelas dia,  para petani sudah disarankan melakukan penyemprotan menggunakan insektisida bahan aktif atau carbo furadan, dengan meletakkan beberapa butir di dua-tiga titik tumbuh dan mampu meredam kerusakan tanaman jagung.

Ia juga meminta kepada petugas penyuluh lapangan (PPL) dan Mantri tani agar melaporkan daerah-daerah mana yang terserang hama Grayak. "Kita siap melakukan droping obat pembasmi hama Grayak ini," tegasnya.

Setia Budi juga menyampaikan bahwa pada tahun 2020 ini , Dinas Pertanian menerima bantuan 3 unit alat mesin pertanian (Alsintan) yang salah satunya adalah alat panen multy (bisa panen jagung dan panen padi). (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru